Minggu, 17 November 2013

ANALISA CONTENT COMPANY PROFILE PT. SEMEN INDONESIA, Tbk.

ANALISIS CONTENT COMPANY PROFILE
PT. SEMEN INDONESIA



Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Tehnik Publisitas

  

  

Disusun Oleh :
Mirzak Mubarrok
102022000006


JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL & POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
2013


1.          Deskripsi Isi Company Profile Semen Indonesia
Dalam website www.semenindonesia.com telah disebutkan semua dan dijelaskan tentang deskripsi dari PT. Semen Indonesia, Tbk. Di mana dalam wesite tersebut berisi tentang PROFIL, TATA KELOLA, INVESTOR, LAYANAN DAN PRODUK, BERKELANJUTAN, BERITA, dan KARIR.

 Pada bagian PROFIL berisi tentang Pesan CEO yang merupakan sambutan dari CEO Semen Indonesia. Profil Perusahaan di dalamnya menceritakan tentang sejarah perusahaan yang berawal dari PT. Semen Gresik, Tbk. yang kemudian sampai berubah menjadi holding company menjadi PT. Semen Indonesia yang di dalamnya terdapat Semen Padang, Semen Tonasa, Semen Gresik, dan Thang Long Cement Vietnam.
Selanjutnya berisi tentang Visi dan Misi dari perusahaan, Manajemen yang berisi tentang profil dari Dewan Komisaris dan Dewan Direksi. Komite berisi tentang pejabat Dewan Komite. Grup Perusahaan menyebutkan beberapa anak perusahaan yang tergabung dalam Semen Indonesia. Penghargaan merupakan bagian yang menyebutkan penghargaan apa saja yang pernah diterima.
Pada rubric TATA KELOLA berisi tentang semua acuan dan sistem manajemen yang dianut perusahaan dalam menjalankan operasionalnya. Sedangkan pada rubric investor berisi tentang semua informasi baik itu laporan keuangan, hasil penjualan, rapat pemegang saham dan mengenai keadaan investor yang bisa langsung diakses dan dilihat oleh semua orang.
Bagian LAYANAN DAN PRODUK berisi tentang jenis produk, saluran distribusi, layanan teknis, inovasi. Yang merupakan bukti pelayanan yang terbaik dari perusahaan untuk konsumennya. Dan pada rubric BERKELANJUTAN berisi tentang semua program baik itu untuk lingkungan, masyarakat, penyaluran dana kemitraan, dan CSR dari perusahaan.
Pada bagian BERITA berisi tentang semua berita, siaran pers, dan info tentang kegiatan perusahaan yang disertai dengan galeri foto. Dan yang terakhir bagian KARIR berisi tentang penerimaan karyawan, kondisi karyawan perusahaan, nilai-nilai yang dianut perusahaan dan pengenalan karyawan pada masyarakat.
Sedangkan dari video profil perusahaan menceritakan tentang sinergi People, Profit, dan Planet. Di mana Direktur Utama Semen Indonesia menggambarkan bergabungnya Semen Padang, Semen Gresik, Semen Tonasa, dan Thang Long Cement Vietnam yang bergabung menjadi Semen Indonesia.
Semen Indonesia mempunyai kewajiban untuk memberdayakan masyarakat dari segi UKM, Pendidikan, dan Prasarana Sosial. Menggambarkan juga tentang hasil-hasil produk dari UKM binaan dalam program berkelanjutan yang dilakukan oleh Semen Indonesia. Yang mana akan memberikan pemasukan tersendiri bagi masyarakat binaan untuk mendapatkan profit.
Dan tak lupa Semen Indonesia juga ikut melestarikan dan merawat lingkungan agar terjaga dengan baik ekosistem yang ada di sekitar perusahaan dan mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia dan dunia dengan terus mendukung pembangunan infrastuktur yang salah satunya adalah Jembatan Suramadu.  
        


2.          Deskripsi Logo
Dalam hal ini mengenai makna logo dari semen Indonesia belum dijelaskan namun dari logo lama Semen Gresik mempunyai makna:
 
 














1.         Gapura menggambarkan identitas kota Gresik (terutama gerbang masjid di kompleks makan Sunan Giri) sekaligus mengakomodasi warisan seni arsitektur nusantara.
2.         Bunga di atas atap melambangkan kesempurnaan, keluhuran, dan kemuliaan yang senantiasa dicapai dan dijunjung tinggi.
3.         Sembilan lapis atap melambangkan kesembilan wali (walisongo) yang secara historis mempunyai akar yang sangat kuat dengan kota Gresik.
Kesembilan atap tersebut membentuk segitiga (melambangkan bukit di mana dulu Sunan Giri membuka “pesantren” untuk menyebarkan agama Islam di bukit Giri) yang disangga oleh dua dinding tebal melambangkan kekokohan perusahaan.
4.         Lima tangga masuk (undak-undakan) melambangkan ilmu rukun Islam yang harus dilewati sebagai proses untuk masuk pada pintu Gapura dan memetik (bunga) kesempurnaan.
5.         Huruf SG yang ditulis besar merupakan singkatan dari “Semen Gresik” dan dengan sangat mudah bisa diasosiasikan sebagai “Sunan Giri.”
       Jadi, secara keseluruhan logo PT Semen Gresik bermakna simbolisasi sejarah dan falsafah perusahaan yang sekaligus mencerminkan sifatnya yang solid, kokoh, dan terpercaya.
 
3.          Deskripsi Visi-Misi Semen Indonesia
VISI
Menjadi perusahaan persemenan terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara
MISI
1.         Memproduksi, memperdagangkan semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan konsumen dengan menggunakan teknologi ramah lingkungan.
2.         Mewujudkan manajemen berstandar internasional dengan menjunjung tinggi etika bisnis dan semangat kebersamaan dan inovatif.
3.         Meningkatkan keunggulan bersaing di domestic dan internasional.
4.         Memberdayakan dan mensinergikan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan nilai tambah secara berkesinambungan.
5.         Memberikan kontribusi dalam peningkatan para pemangku kepentingan (stakeholders).

Untuk mewujudkan visi sebagai perusahaan persemenan yang terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara Semen Indonesia melakukan berbagai inovasi dan cara-cara untuk meningkatkan produksi dan mengembangkan pemasaran hingga menjadi perusahaan semen yang terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara. Demi mewujudkan visi tersebut tercapai Semen Indonesia menjalakan lima misinya tersebut.

Nilai-nilai yang dianut oleh Semen Indonesia antara lain:
HUMAN CAPITAL BERSTANDAR DUNIA
Dalam rangka mendukung rencana jangka panjang yang melakukan akuisisi dan ekspansi ke luar negeri, yang perlu dipersiapkan adalah human capital yang mampu bersaing secara global. Untuk itu pengelolaan human capital perseroan juga diarahkan dengan menggunakan metoda-metoda dan sistem yang merupakan “best practise” atau diakui sebagai standar pengelolaan kelas dunia.
Dalam hal penilaian kinerja karyawan, Perseroan akan menggunakan penilaian kinerja unit kerja dan individu berbasis balance score card, dengan menggunakan Sistem HRIS berbasis SAP  dalam modul performance Management atau disebut ePMS, maka bidang Human Capital Perseroan akan memiliki data penilaian kinerja dan kompetensi karyawan yang dilakukan secara rutin dan dikelola secara terintegrasi di seluruh perusahaan. Data ini akan sangat berguna untuk menentukan mulai dari besaran insentif karyawan, pelaksanaan promosi, mutasi dan berbagai kepentingan dalam pengelolaan human capital lainnya.

REWARD MANAGEMENT
Perseroan telah menyelesaikan dan mengimplementasikan standardisasi job grading sebagai dasar pelaksanaan reward management system dengan menggunakan Hay reference level. Perseroan juga telah mendesain standarisasi struktur renumerasi di seluruh OpCo, dengan dukungan HRIS maka standarisasi tersebut memudahkan proses administrasi kepersonaliaan teruama terkait tour of duty bagi karyawan ke seluruh OpCo. Sejalan dengan hal tersebut, telah dilakukan pula upaya pembentukan performance based culture – dengan model insentif berdasarkan kinerja.

HUBUNGAN INDUSTRIAL
Untuk menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan antara manajemen perseroan dan karyawan, maka Perseroan dan karyawan (melalui serikat pekerja) membuat kesepakatan timbal balik yang disetujui bersama dalam bentuk Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Tujuannya ialah menjamin kepastian hak dan kewajiban dengan saling mengakui keberadaan masing-masing pihak, untuk meningkatkan motivasi/produktivitas kerja yang berdaya guna sehingga menjamin terlaksananya tata kelola perusahaan yang baik dan benar. Di dalam PKB sendiri diatur mengenai hubungan kerja, waktu kerja dan cuti, dispensasi, renumerasi, fasilitas dan kesejahteraan. 
Di dalam PKB, Perseroan menyatakan dengan tegas bahwa dalam hal melaksanakan hubungan industrial, Perseroan berkewajiban memberikan kesejahteraan kepada karyawan secara terbuka, demokratis, dan berkeadilan, serta memberikan hak-hak karyawan sebagaimana diatur dalam ketentuan perusahaan yang disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Dalam PKB juga ditegaskan komitmen Perseroan untuk menerapkan asas kesetaraan dalam seluruh aspek ketenagakerjaan, meliputi kesamaan hak dalam mengikuti program pendidikan dan pelatihan, penetapan jenjang karir, dan besaran remunerasi yang diperoleh.
GAYA HIDUP SEHAT KARYAWAN
Dalam rangka menggalakkan gaya hidup sehat di antara karyawan, perusahaan menyelenggarakan program car free day dan senam kesehatan yang dilakukan bersamaan pada hari Jumat pagi di stiap minggu, sejak akhir tahun 2012. Diharapkan dengan adanya program car free day, penggunaan kendaraan bermotor, baik roda 4 maupun roda 2, akan berkurang, sehingga karyawan terdorong untuk berjalan kaki maupun menggunakan sepeda sebagai alat transportasi menuju kantor. Selain meningkatkan kebugaran dan kesehatan karyawan, program car free day ikut berkontribusi dalam pengurangan polusi kendaraan bermotor.
PENGHARGAAN KARYAWAN
Perseroan terus berupaya meningkatkan motivasi karyawan untuk terus berkontribusi dan berinovasi melalui pemberian penghargaan yang layak bagi karyawan yang berprestasi seperti : juara GKM (Gugus Kendali Mutu), SIAI (Semen Indonesia Award on Innovation), SS (Sistem Saran), 5R, kesenian, olahraga dan lainnya, penghargaan kepada Karyawan Teladan serta Tanda Ikatan Batin dengan masa kerja 10, 15, 20, 25, 30 dan 35 tahun.


REKRUITMEN, PROMOSI DAN MUTASI
Pada tahun 2012 Perseroan melakukan rekrutmen dan pengangkatan karyawan sebanyak 564 orang dan merencanakan proses rekruitmen lanjutan di tahun 2013 untuk memenuhi kebutuhan SDM sesuai kompetensi yang dibutuhkan guna mendukung program pengembangan perusahaan. Selain itu, telah dilakukan promosi sebanyak 608 karyawan dan mutasi sebanyak 1.588 karyawan. Pelaksanaan promosi dilakukan dengan metode asesmen dan fit & proper test. Dalam seluruh rangkaian proses rekruitmen, pelatihan, promosi dan pemberian renumerasi, Perseroan melakukan proses rekruitmen berdasarkan kompetensi dan kebutuhan operasional perusahaan tanpa membedakan ras, agama dan gender. 
4.          Objectivitas Company Profile
Adanya company profile ini diharapkan masyarakat lebih mengenal lebih dalam tentang apa itu semen Indonesia. Dengan diberikannya informasi dari perusahaan yang mudah di akses oleh semua orang Semen Indonesia menjadi BUMN pertama yang Go Public. Informasi yang diberikan mencakup semua kegiatan perusahaan mulai dari unsur pimpinan perusahaan, keadaan karyawan, produk dan layanan, laporan keuangan, dan program berkelanjutan dari perusahaan untuk masyarakat.
Namun selain sebagai sarana menginformasikan kegiatan perusahaan company profile ini merupakan sarana promosi bagi produk perusahaan. Dengan kemasan penyaluran program berkelanjutan untuk masyarakat memberikan rasa empati bagi orang yang melihatnya, sehingga seolah kita juga ikut membantu masyarakat sekitar dalam bidang peningkatan kesejahteraan perekonomian.


5.          Audience/Sasaran Company Profile
Untuk company profile yang ada di website ditujukan kepada siapa saja yang ingin mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang Semen Indonesia. Di mana siapa pun bisa mengaksesnya baik itu dari pemegang saham, investor, dan masyarakat umum untuk mengetahui kehidupan dan kondisi karyawan di Semen Indonesia.

Sedangkan untuk video company profile yang ditayangkan di televisi ditujukan kepada masyarakat luas untuk mengetahui bahwa Semen Indonesia tidak hanya mengambil keuntungannya saja namun masyarakat juga ikut merasakannya melalui program keberlanjutan dari perusahaan dan merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan dengan turut menjaga kelestarian alam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar